SEMINAR INTERNASIONAL HARI HIDROGRAFI DUNIA 2022

Seminar Internasional dalam rangka Hari Hidrografi Dunia ini diselenggarakan pada tanggal 9 Juni 2022 dengan tema "Hydrography - contributing to the United Nations Ocean Decade" di Anvaya Beach Resort, Denpasar, Bali. Tema tersebut dipilih untuk kontribusi nyata ilmu pengetahuan di bidang hidrografi, dalam kaitannya dengan pemanfaatan laut dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Seminar dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, Keynote Speaker oleh Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia) dan Rear Admiral Luigi Sinapi (Direktur IHO).

Dalam seminar ini, Pushidrosal mengundang narasumber berpengalaman, dan beberapa peserta terdaftar dari berbagai negara untuk mengikuti seminar melalui pertemuan virtual dan tatap muka dengan pembicara sebagai berikut:

  • Sora Lukita, Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia yang menyampaikan presentasinya tentang Profil Biru Indonesia, lima tantangan utama Pembangunan Laut Indonesia, tantangan terhadap Dekade Kelautan, potensi tahunan ekonomi maritim Indonesia, pengembangan kerangka kebijakan yang komprehensif, penerapan data hidrografi untuk mitigasi bencana alam, meningkatkan dan mendorong survei hemat biaya, membangun kolaborasi dengan mitra strategis dan organisasi internasional.
  • Rear Admiral Rhett Hatcher, Hidrografer Nasional dan Direktur Pertahanan dan Akuisisi Data Inggris yang menyampaikan paparannya tentang era baru dalam pelayaran, dan pembangunan rute pelayaran hijau.
  • Vice Admiral Fujita Masayuki Ph.D, Kepala Hidrografer Jepang yang menyampaikan presentasinya tentang kontribusi hidrografi untuk Dekade Ilmu Kelautan PBB (2021-2030), pertumbuhan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk pertumbuhan lebih lanjut, mendukung transportasi barang di luar keselamatan navigasi, hasil-hasil yang dicapai dari Dekade Kelautan, berbagi informasi kelautan untuk merealisasikan Dekade Kelautan.
  • Dr. Hendra Yusran Siry, S.Pi, M.Sc, Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang Laut Kemeterian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang menyampaikan paparannya tentang Kebijakan Penataan Ruang Laut di Indonesia untuk mendukung Dekade Kelautan dan Program Dasar Laut 2030. Tujuan perencanaan tata ruang laut di Indonesia, prinsip dasar perencanaan tata ruang laut Indonesia, hierarki perencanaan tata ruang laut di Indonesia, peta jalan rencana tata ruang laut Indonesia 2021-2024, isu terkini integrasi tata ruang, tantangan dan rekomendasi untuk rencana tata ruang laut.
  • Evert Flier, Ketua Komite Pemandu IHO-IOC yang menyampaikan presentasinya tentang program GEBCO (General Bathymetry Chart of the Oceans) dan membangun kemitraan untuk pemetaan laut.
  • Commodore Steward Dunne, Kepala Hidrografer Australia yang menyampaikan presentasinya tentang area peta kelautan Australia, tantangan Dekade Kelautan dan pengaruhnya secara kolektif, skema program partnership dengan industri (HydroScheme Industry Partnership Program (HIPP)).
  • Dr. Thomas Heege, CEO EOMAP Jerman yang menyampaikan presentasinya tentang peran dan siklus inovasi batimetri berbasis satelit dalam hidrografi, penerapan SDB dalam hidrografi, inovasi SDB dan dampak aplikasi SDB pada Program Dasar Laut 2030 dan mitigasi bencana.